Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Selasa, 24 Mei 2011

KONFIGURASI VLAN

1. VIRTUAL VLAN
Host dan server yang terhubung ke Layer 2 switch merupakan bagian dari segmen jaringan yang sama. Pengaturan ini menimbulkan dua masalah penting:
• siaran banjir Switches semua port, yang mengkonsumsi bandwidth yang tidak perlu. Sebagai jumlah perangkat yang terhubung ke switch meningkat, lebih banyak traffic broadcast dihasilkan dan bandwidth lebih banyak terbuang.
• Setiap perangkat yang terpasang ke saklar dapat meneruskan dan menerima frame dari setiap perangkat lain di saklar itu.
Sebagai desain jaringan praktek terbaik, lalu lintas broadcast terkandung ke area jaringan di mana diperlukan. Ada alasan mengapa bisnis host tertentu mengakses satu sama lain sementara yang lain tidak. Sebagai contoh, anggota departemen akuntansi mungkin hanya pengguna yang perlu untuk mengakses server akuntansi. Pada jaringan diaktifkan, jaringan area lokal virtual (VLAN) yang diciptakan untuk mengandung siaran dan host grup bersama-sama dalam komunitas bunga.
VLAN adalah broadcast domain logis yang dapat span beberapa segmen LAN fisik. Hal ini memungkinkan administrator untuk grup bersama stasiun dengan fungsi logis, oleh tim proyek, atau oleh aplikasi, tanpa memperhatikan lokasi fisik dari pengguna.



Perbedaan antara jaringan fisik dan virtual, atau logis, jaringan dapat ditunjukkan dalam contoh berikut:
Para siswa di sekolah dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok pertama, setiap siswa diberi kartu merah, untuk identifikasi. Pada kelompok kedua, setiap siswa diberi kartu biru. Kepala sekolah mengumumkan bahwa siswa dengan kartu merah hanya dapat berbicara dengan siswa lain dengan kartu merah dan bahwa siswa dengan kartu biru hanya bisa berbicara dengan siswa lain dengan kartu biru. Para siswa sekarang secara logis dipisahkan menjadi dua kelompok maya, atau VLAN.
Dengan menggunakan pengelompokan logis, menyiarkan keluar hanya untuk kelompok kartu merah, meskipun kedua kelompok kartu merah dan kelompok kartu biru secara fisik terletak di dalam sekolah yang sama.
Contoh ini juga menunjukkan fitur lain dari VLAN. Siaran tidak maju antara VLAN, mereka yang terkandung dalam VLAN.



Setiap fungsi VLAN sebagai LAN terpisah. Sebuah VLAN mencakup satu atau lebih switch, yang memungkinkan perangkat host untuk berperilaku seakan-akan mereka pada segmen jaringan yang sama.
VLAN A memiliki dua fungsi utama:
•Sebuah VLAN berisi siaran.
•Sebuah VLAN kelompok perangkat. Perangkat terletak pada satu VLAN tidak terlihat ke perangkat yang terletak pada VLAN yang lain.
Lalu Lintas memerlukan Layer 3 alat untuk bergerak di antara VLAN.
Pada jaringan diaktifkan, perangkat dapat diberikan ke sebuah VLAN berdasarkan lokasi, alamat MAC, alamat IP, atau aplikasi perangkat yang paling sering digunakan. Administrator menetapkan keanggotaan dalam VLAN baik statis atau dinamis.
Statis keanggotaan VLAN membutuhkan seorang administrator untuk menetapkan secara manual setiap port beralih ke VLAN tertentu. Sebagai contoh, port fa0 / 3 mungkin ditugaskan untuk VLAN 20. Setiap perangkat yang dipasang ke port fa0 / 3 otomatis menjadi anggota VLAN 20.
Jenis keanggotaan VLAN adalah yang paling mudah untuk mengkonfigurasi dan juga yang paling populer, bagaimanapun, memerlukan dukungan yang paling administratif untuk menambahkan, bergerak dan perubahan. Misalnya, memindahkan host dari satu VLAN ke port membutuhkan baik secara manual beralih ke ulang ke VLAN baru atau kabel workstation untuk dihubungkan ke switchport berbeda pada VLAN yang baru.
Keanggotaan dalam suatu VLAN tertentu benar-benar transparan kepada pengguna. Pengguna bekerja pada perangkat dihubungkan ke port switch tidak memiliki pengetahuan bahwa mereka adalah anggota dari VLAN.




Dynamic keanggotaan VLAN membutuhkan kebijakan manajemen server VLAN (VMPS). Ini VMPS berisi database yang memetakan alamat MAC untuk tugas VLAN. Ketika plugs perangkat ke port switch, yang VMPS mencari database untuk pertandingan dari alamat MAC dan untuk sementara menugaskan bahwa port ke VLAN yang sesuai.
Dynamic VLAN membutuhkan keanggotaan organisasi yang lebih dan konfigurasi tetapi menciptakan suatu struktur dengan fleksibilitas lebih dari keanggotaan VLAN statis. Dalam VLAN dinamis, bergerak, menambahkan, dan perubahan yang otomatis dan tidak memerlukan intervensi dari administrator.
Catatan: Tidak semua switch Catalyst mendukung penggunaan VMPSs.



2. KONFIGURASI VIRTUAL LAN
Apakah VLAN dibuat secara statis atau dinamis, jumlah maksimum VLAN tergantung pada jenis saklar dan IOS. Secara default, VLAN1 adalah VLAN manajemen.
Administrator akan menggunakan alamat IP dari manajemen untuk mengkonfigurasi VLAN saklar jarak jauh. Ketika mengakses saklar jarak jauh, administrator jaringan dapat mengatur dan memelihara semua konfigurasi VLAN.
Selain itu, manajemen VLAN digunakan untuk pertukaran informasi, seperti Cisco Discovery Protocol (CDP) lalu lintas dan VLAN Trunking Protocol (VTP) lalu lintas, dengan perangkat jaringan lainnya.
Ketika VLAN yang dibuat, itu diberi nomor dan nama. Jumlah VLAN adalah nomor dari rentang tersedia di switch, kecuali untuk VLAN1. Beberapa switch dukungan sekitar 1000 VLAN; lain mendukung lebih dari 4000. Penamaan VLAN dianggap sebagai praktek terbaik manajemen jaringan.



Gunakan perintah berikut untuk membuat VLAN menggunakan mode konfigurasi global:
Switch (config) # vlan vlan_number
Switch (config-vlan) # vlan_name nama
Switch (config-vlan) # exit
Tetapkan port untuk menjadi anggota dari VLAN. Secara default, semua port pada awalnya anggota VLAN1. Menetapkan port satu per satu atau berbagai.
Gunakan perintah berikut untuk menetapkan port individu untuk VLAN:
Switch (config) # interface fa # / #
Switch (config-if) # switchport access VLAN vlan_number
Switch (config-if) # exit
Gunakan perintah berikut untuk menetapkan jangkauan port untuk VLAN:
Switch (config) # interface range fa # / start_of_range - end_of_range
Switch (config-if) # switchport access VLAN vlan_number
Switch (config-if) # exit



Untuk memverifikasi, memelihara, dan VLAN memecahkan masalah, penting untuk memahami perintah menunjukkan kunci yang tersedia di IOS Cisco.
Perintah berikut digunakan untuk memverifikasi dan mempertahankan VLAN:
show VLAN
• Menampilkan daftar terperinci dari semua jumlah VLAN dan nama saat ini aktif di saklar, bersama dengan port yang terkait dengan masing-masing
• Menampilkan STP statistik jika dikonfigurasi pada basis per VLAN
show vlan brief
• Menampilkan daftar diringkas hanya menampilkan VLAN aktif dan port yang terkait dengan masing-masing
show vlan id id_number
• Menampilkan informasi mengenai suatu VLAN tertentu, berdasarkan nomor ID
menunjukkan vlan_name VLAN nama
• Menampilkan informasi mengenai suatu VLAN tertentu, berdasarkan nama


Dalam sebuah organisasi, karyawan sering ditambahkan, dihapus, atau dipindahkan ke departemen yang berbeda atau proyek. Gerakan yang konstan membutuhkan VLAN pemeliharaan, termasuk pemindahan atau penugasan kembali ke VLAN yang berbeda.
Penghapusan VLAN dan penugasan kembali pelabuhan untuk VLAN yang berbeda dua fungsi yang terpisah dan berbeda. Ketika suatu port memisahkan diri dari sebuah VLAN tertentu, itu kembali ke VLAN1.
Untuk menghapus VLAN:
Switch (config) # no vlan_number VLAN
Untuk memisahkan port dari VLAN tertentu:
Switch (config) # interface fa # / #
Switch (config-if) # switchport ada vlan_number akses VLAN


3. MENGIDENTIFIKASI VLAN's
Perangkat yang terhubung ke VLAN hanya berkomunikasi dengan perangkat lain dalam VLAN yang sama, terlepas dari apakah perangkat tersebut pada saklar yang sama atau switch yang berbeda.
Sebuah asosiasi switch setiap port dengan nomor VLAN tertentu. Sebagai bingkai memasuki pelabuhan itu, switch memasukkan ID VLAN (VID) ke dalam frame Ethernet. Penambahan nomor ID VLAN ke dalam frame Ethernet disebut tag frame. Kerangka yang paling umum digunakan penandaan standar IEEE 802.1Q.

Standar 802.1Q, kadang-kadang disingkat dot1q, menyisipkan lapangan tag 4-byte ke dalam frame Ethernet. Tag ini duduk antara alamat sumber dan ketik / Panjang field.
Ethernet frame memiliki ukuran minimum 64 byte dan ukuran maksimal 1518 byte, tetapi frame Ethernet tag bisa sampai 1522 byte dalam ukuran.
Bingkai berisi bidang-bidang seperti:
• Tujuan dan sumber alamat MAC
• Panjang frame
• Data payload
• Urutan frame check (FCS)
Bidang FCS menyediakan pemeriksaan kesalahan untuk memastikan integritas dari semua bit dalam bingkai.
Bidang ini tag meningkatkan frame Ethernet minimal 64-68 byte. Peningkatan ukuran maksimal 1518-1522 byte. Switch kalkulasi ulang tersebut FCS karena jumlah bit dalam frame telah dimodifikasi.
Jika port 802.1Q-compliant tersambung ke port 802.1Q-compliant, informasi penandaan VLAN lewat di antara mereka.
Jika port penghubungnya tidak 802.1Q-compliant, VLAN tag dihapus sebelum frame ditempatkan pada media.
Perangkat dengan port yang tidak melihat-kompatibel 802.1Q Ethernet frame ditandai sebagai terlalu besar. Mereka drop frame dan log sebagai kesalahan, disebut bayi raksasa.

0 komentar:

Posting Komentar